Baca juga bacaan-bacaan menarik dari saya, klik disini

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Wednesday, February 11, 2009


Pernahkah anda memperhatikan url dari sebuah alamat website atau homepage? Sebuah alamat url biasanya diawali dengan http://. Tapi apakah anda pernah menjumpai alamat url yang diawali dengan htts://.

Nah, apakah yang menjadikan perbedaan antara http dan https? Kalau dilihat dari kepanjangannya, HTTP berarti hyper text transfer protocol. Sedangkan HTTPS berarti hypertext transfer protocol secure. Nah dari sini sudah jelas perbedaannya bukan? Sebuah halaman web atau homepage yang diawali dengan https:// merupakan sebuah web yang membutuhkan tingkat keamanan yang sangat tinggi terhadap data-data / informasi yang terdapat dalam web tersebut. Sehingga memberikan perlindungan kepada si empunya website atau pengunjung yang melakukan input informasi penting ke dalamnya.


Contoh website yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi adalah PayPal (https://www.paypal.com). Menurut Paypalindonesia, "PayPal merupakan salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman." Ternyata url yang berbeda memiliki tujuan dan maksud tertentu. Contoh lainnya adalah https://www.google.com/adsense.

Dengan melihat pada url sebuah situs, kita sudah bisa menentukan mana situs yang memiliki keaman dan mana yang tidak. Jika anda menjumpai sebuah website yang meminta anda untuk memasukkan nomor kredit anda, maka perhatikanlah url-nya terlebih dahulu apakah diawali https:// atau tidak. Jika tidak maka jangan sekali-kali anda memasukkan nomor kartu kredit anda. Bila hal itu anda abaikan, maka jangan pernah berharap anda dapat tidur tenang.

10 komentar:

rey said...

Mau tanya tentang perubahan http menjadi https seperti yang menimpa pada situsku (https://sites.google.com/site/dan seterusnya. sebelumnya http (http://sites.google.com/site/dan seterusnya) koq sekarang berubah jadi https? koq bisa bgitu ya mas, mohon penjelasan

widyana said...

wah info yang menarik pak. .

Anonymous said...

nah saya suka dengan artikel ini..
wah, ternyata bedha ma yg di jelasin ama dosen ane..hhehee..

Dewi said...

Dosen ku malah belum jelasin dikitpun tentang ini....
huft....

Sayed Akbarul Hafizh said...

sepp...ilmu bermanfaat ni...

:)

Zaqsparrow said...

siiip
thankkkk infonya bozz

LittleSun Blog said...

Nice info gan...

Fsyah said...

Yang nentuin apakah sebuah http itu berujung "s" atau tidak, itu dari mana bang?

mohtar efendi said...

sangat membantu bang infonya !
thanks

obat kuat sex said...

gimana caranya kalau beli https tersebut

Post a Comment

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire