Baca juga bacaan-bacaan menarik dari saya, klik disini

Pencemaran Lingkungan, Dampak dan Penanggulangannya

Thursday, December 25, 2008

selamakan bumi dari pencemaran lingkungan
Definifsi lingkungan.

Arti lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita dan mempengaruhi kehidupan kita yang berupa benda mati maupaun benda hidup

Lingkungan dalam kaitannya dengan ekosistem dibedakan menjadi 3 kelompok utama yaitu:

1. Lingkungan fisik (physical environment)
2. Lingkungan biologis (biologycal environment)
3. Lingkungan sosial (social environment)

Lingkungan fisik meliputi segala sesuatu disekitar manusia yang berbentuk benda mati, misalnya meja, kursi, mobil, tanah, udara, air, dsb. Lingkungan biologis merupakan segala sesuatu disekitar manusia yang bernapas (organisme hidup), misalnya segala jenis tumbuhan dan binatang. Lingkungan sosial meliputi manusia-manusia lain yang berada disekitar kita, misalnya saudara, teman, tetangga, atau orang lain yang tidak kita kenal.

Definisi pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan dapat diartikan sebagai penambahan atau masuknya zat-zat asing ke lingkungan dalam jumlah tertentu sehingga dapat menyebabkan ancaman bagi kesehatan manusia, terganggunya kehidupan, terganggunya ekosistem dan rusaknya sumberdaya alam dalam suatu ekosistem.

Bahan pencemar tidak hanya berbentuk bahan yang sifatnya kimiawi saja, tetapi juga fisik misalnya endapan lumpur dan sampah fisik. Pencemaran dapat bersumber dari sisa aktifitas industri, rumah tanggga, pelayanan umum seperti rumah sakit, perkantoran, pertokoan, dan sebainya. tidak hanya itu saja, aktifitas pertanian dan transportasi juga dapat menjadi sumber pencemaran lingkungan.

Manusia memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat besar terhadap kelestarian lingkungan. Kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat manusia lebih mudah dalam mempercepat maupun memperlambat laju pencemaran. Manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Ia dapat mengubah lingkungan sesuai dengan yang diinginkannya.

Salahsatu perilaku manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan adalah penggunaan pestisida kimia sintetis. Penggunaan bahan kimia pestisida ini cukup efektif untuk pengendalian hama seperti: serangga, tikus, dan jamur.
Namun dibalik keuntungan tersebut, pestisida kimia sintetis juga memberikan dampak negatif yang lebih besar daripada dampak positifnya.

Damapk pestisida terhadap lingkungan dalam jangka pendek dan jangka panjang antara lain sebagai berikut:

  1. Pengurangan populasi yang disebabkan oleh pengaruh toksik langsung, peracunan sekunder dan penghilangan mahluk mangsa.

  2. Perubahan dalam viabilitas dan ketahanan keturunan. Perkembangan ketahanan terhadap toksitas pestisida dalam populasi hewan timbul karena keselamatan individu secara turun-temurun didalam suatu populasi yang terkena kontak sebagai suatu hasil dari keragaman genetik.

  3. Kenaikan dalam populasi yang disebabkan oleh musuh rantai makanan hama, kenaikan dalam spesies bukan sasaran, dan pergantian suatu spesies dengan spesies yang lain.

  4. Pengaruh subletal terhadap keselamatan dan perkembangbiakan hewan. Pengaruh subletas fisiologis dan perilaku terhadap hewan dapat mempengaruhi keselamatan dan perkembangbiakan dalam polpulasi dan komunitas.
Manusia tidak dapat mencegah sepenuhnya pencemaran lingkungan yang mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan yang dihuninya. Manusia hanya dapat mengushakan agar bumi menjadi tempat tinggal yang lebih baik untuk masa sekarang dan masa depan. Kita harus memahami bahwa bumi ini adalah titipan anak cucu kita. Generasi yang akan datang berhak menempati lingkungan yang layak dan menikmati keindahan dan kelestarian alam. Sebagai titipan, kita hendaknya tidak bertindak semena-mena terhadap alam ini sehingga ketika diminta oleh generasi yang akan datang bumi tidak sudah rusak dan hancur.

Untuk hal itu, kita harus menumbuhkan rasa sadar dan peduli terhadap kelestarian lingkungan serta memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ekologi dan etika dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan lingkungan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Theme by New wp themes | Bloggerized by Dhampire